Pages

Kamis, 11 Juli 2013

Membuat CDM, PDM dan Generate PDM ke MySQL


     Sebelum saya membahas lebih jauh, ada baiknya saya beritahu, apa itu pengertian CDM dan PDM ??? Pasti jika anda kurang begitu memahami mengenai istilah tersebut, akan merasa bingung dan penasaran. Untuk itu akan saya jelaskan. PDM atau biasa disebut sebagai Conceptual Data Model adalah Model yang dibuat berdasarkan anggapan bahwa dunia nyata terdiri dari koleksi obyek-obyek dasar yang dinamakan entitas (entity) serta hubungan (relationship) antara entitas-entitas itu. Biasanya direpresentasikan dalam bentuk Entity Relationship Diagram. 
     Sedangkan PDM atau Phsical Data Model merupakan model yang menggunakan sejumlah tabel untuk menggambarkan data serta hubungan antara data-data tersebut. Setiap tabel mempunyai sejumlah kolom di mana setiap kolom memiliki nama yang unik. Sudah Paham? jika paham mari kita simak penjelasan selanjjutnya, jika belum coba cermati dan pahami setiap kata.
   Dalam membuat aplikasi yang baik, biasanya dilakukan sebuah perancangan database terlebih dahulu. Dengan menggunakan Conceptual Data Modeling, maka database yang akan dibuat akan terlihat lebih jelas alur dan gambarannya. Saya menerapkan CDM ini pada aplikasi minimarket. Oleh karena itu, jika ingin membuat aplikasi seperti minimarket ini, dapat dilihat diagram CDM yang dirancang seperti berikut ini :

CDM aplikasi minimarket

   Data Modeling tersebut adalah data dari aplikasi minimarket yang dbuat. Terdapat 7 entitas yang masing-masing memiliki atribut. Jika selesai melakukan CDM, hendaknya dilakukan generante kedalam Phsical Data Modeling agar data tersebut nantinya bisa di export ke .sql. Untuk penjelasan ini, saya menggunakan tools Power Designer sehingga, langkah yang dilakukan untuk generate ke dalam PDM adalah :

1.Klik  menu Tools => Generate Physical Data Model.... atau juga bisa menggunakan shortcut Ctrl+Shift+P, kemudian tentukan DBMS sesuai keinginan user.


2. Dan hasilnya akan seperti di bawah ini :

PDM aplikasi minimarket

Jika selesai men-generate. Langkah yang selanjutnya adalah melakukan export dari PDM yang akan di bentuk kedalam format .sql, bagaimana caranya? dengan Power Designer, kita dapat mengeksport dari PDM ke bentuk .sql sesuai dengan versi yang akan kita tentukan nantinya. Langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Setelah dibentuk dari CDM ke PDM, maka selanjutnya adalah pilih menu Database. Pilih Generate Database



2. Setelah itu, tentukan letak dimana data tersebut akan disimpan. dan simpan nama filenya sesuai yang anda inginkan, Klik Ok jika selesai.


3. Anda telah berhasil membuat CDM, PDM serta men-generate ke database dengan ekstensi .sql.



0 Comments
Tweets
Komentar

0 komentar:

Poskan Komentar

Tulis komentar disini!